Macam-macam Sosialisasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sosialisasi berlangsung sepanjang hayat manusia. Secara garis besar sosialisasi dibedakan menjadi dua macam, yaitu sosialisasi primer dan sosialisasi skunder.

a.    Sosialisasi primer merupakan proses sosialisasi yang pertama dan utama yang terjadi pada seseorang, yakni sejak dilahirkan, berkenalan dan sekaligus belajar bermasyarakat sehingga dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan masyarakat tersebut.

b.    Sosialisasi skunder merupakan proses sosialisasi seseorang terhadap hal-hal baru yang bisa diterima dalam kehidupan masyarakat. Biasanya sosialisasi skunder terjadi pada seseorang yang berperilaku menyimpang. Karena perilaku menyimpang merupakan suatu bentuk desosialisasi, maka harus diikuti dengan proses resosialisasi. Desosialisasi merupakan suatu proses pencerabutan sistem nilai dan sistem norma dari dalam diri seseorang sehingga kehilangan identitas sosial. Seseorang yang mengalami proses desosialisasi kepribadiannya akan mengalami kekacauan sehingga terjadilah perilaku menyimpang tersebut. Untuk mengembalikan pada kehidupan normal harus dilakukan proses resosialisasi yakni suatu proses untuk menanamkan kembali sistem nilai dan sistem norma kepada seseorang agar dapat diterima secara layak dalam kehidupan bermasyarakat. Proses resosialisasi dapat kita perhatikan di pusat-pusat rehabilitasi terhadap anak-anak nakal, lembaga pemasyarakatan, rumah sakit jiwa, dan lain sebagainya.

Blog Pendidikan

Blog sumber referensi pendidikan daring yang banyak memuat konten hasil alih media dari Buku Sekolah Elektronik. Dikelola secara mandiri oleh Muhammad Fadillah Arsa.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *